Mchsholehuddin Blog

Mei 31, 2009

Kafir Berhati Keras

Filed under: Uncategorized — mchsholehuddin @ 6:35 am

 

ثم قست قلوبكم من بعد ذلك فهي كا لحجارة أو أشد قسوة, وإن من الحجارة لما يتفجر منه وإن منها الأنهار لما يتشقق فيخرج منه الماء, وإن منها لما يهبط من خشية الله, وما الله بغافل عما تعملون (74)

 

            Artinya: kemudian setelah itu hatimu menjadi keras, Sehingga (hatimu) seperti batu, bahkan lebih keras , Padahal bat- batu itu  pasti ada sungai-sungai yang (airnya) memancar dari padanya, Dan ada pula  yang meluncur jatuh karena takut pada Allah, Dan  Allah tidaklah lengah tehadap apa yang kamu kerjakan.(74).

            Ayat di atas  menerangkan betapa kerasnya seorang kafir sampai-sampai oleh Allah diumpamakan seperti batu, bahkan lebih keras darinya.

            Dan ayat tersebut boleh dikhitobkan kepada ahli kitab yang hidup di zaman Nabi Muhammad SAW hati mereka menjadi keras setelah adanya peringatan dari Allah SWT kepada kaum sebelum mereka da setelah datangnya perkara yang berjalan atas mereka (untuk mereka)[1] dan ayat di atas juga boleh dikhitobkan kepada orang yahudi yang hidup di zaman Nabi Musa secara tertentu. Dan juga boleh dikhitobkan kepada kaum sebelum mereka[2].

            Adapun makna dari lafadz فهي كا لحجارة أو أشد قسوة ialah seperti yang saya singgung di atas, hati mereka menjadi keras seperti batu atau lebih keras dari padanya, atau sama seperti batu, atau juga lebih keras dari sesuatu yang semisal dengan batu seperti besi. Dan adapun tafsiran lafadz sesudahnya adalah menerangkan kerasnya hati meraka sampai-sampai di hati mereka tidak ada bekas bekas adanya kebaikan sedikitpun, kalau batu masih kadang-kadang masih bisa mengeluarkan mata air yang besar[3] sedangkan hati mereka sedikit tidak ada kebaikan sama sekali.

            Dikitab lain dijelaskan, menurut Ibnu Abbas, ayat tersebut khitob kepada ahli waris orang yang terbunuh setelah Allah menghidupkan orang yang mati tersebut, seperti yang telah disebutkan di ayat sebelumnya. Dan kalau menurut Abil-Aliyah dan Ulama’-Ulama’ yang lainnya, ayat tersebut khitob kepada Bani Israil[4].

            Selain keterangan-keterangan di atas ada Hadist yang dikeluarkan oleh Ibnu Ishaq, Ibnu Jarir dan Ibnu Hatim dari Ibnu Abbas mengenai firman Allah lafadz (وإن من الحجارة لما يتفجر منه وإن منها الأنهار) yaitu, sesungguhnya batu lebih lembut dari pada padamu (orang kafir) terhadap sesuatu yang hak. Dan juga dari Abdun bin Humaid, Ibnu Mundzir dan Ibnu Abi Hatim dari Ibnu Abbas mengenai lafadz (وإن منها لما يهبط من خشية الله) Nabi Muhammad SAW bersabda; Sesungguhnya batu hidup di bumi, dan jikalau ada dari sekelompok manusia mengumpulkannya (jadi satu) dia tidak takut pada mereka, karena mereka hanya takut kepada Allah[5].

            Di kitab lain diterangkan bahwa ayat tersebut khitob kepada orang yahudi, hati mereka keras bagaikan batu, hati mereka hanya bisa basah namun hati mereka tidak bisa lembut, dan tidak khusu’. Tidak seperti batu sebagian dari batu ada yang turun dari atas gunung karena takut kepada Allah SWT[6].

 

 


[1] Fakhrurroziy “Tafsir Al-Fakrurroziy” Hal 555/03. Perc: Daru Ihyaitturots Al-Araby (Bairut Libanon) Th 2001

[2] Ibid Hal 555.

[3] Abissu’ud Tafsir al ‘Allamah Abissu’ud. Hal 139/01 Perc: Darul Fikr (Bairut Libanon) tanpa tahun.

[4] Sayyid Mahmud Al Ulusiy Al Bagdadiy. Ruhul Ma’aniy. Hal 4000-401/1. Daruihyaitturust Al Arabiy(Bairut Libanon) th 1999.

[5] Jalaluddin As Suyuthiy. Addurrul mantsur. Hal 180/01. Daruihyaitturust Al Arabiy(Bairut Libanon) Th 2001.

6 Abu Abbas Ahmad Bin Muhammad Bin Mahdi Ibnu Ujaibah Al Hasaniy. “Bahrul Madid”. Hal 78/01, Darul Kutub Al Ilmiyah(Bairut Libanon) th 2005.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: