Mchsholehuddin Blog

April 12, 2009

Makluk Pertama Di Bumi

Filed under: Uncategorized — mchsholehuddin @ 6:33 am

وإذقال ربك للملائكة إني جاعل فى الأرض خليفة قالوا أتجعل فيها من يفسد فيها ويسفك الدمأ ونحن نسبح بحمدك ونقدس لك قال إني أعلم مالاتعلمون. (البقرة-30)

Dan ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada Para Malaikat, “Aku hendak menjadikan khalifah dumi.” Mereka berkata, “apakah engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana, sedangkan kami bertasbih memuji-Mu dan mensucikan nama-Mu?” Dia berfirman, “sungguh, Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.”

Ketehuilah! Sesungguhnya ayat di atas adalah ayat yang diturunkan oleh Allah swt sebagai proses dijadikannya Nabi Adam dan bagaimana Allah memuliakan kepada-Nya, dan ini adalah sebuah kenikmatan yang menyeluruh bagi semua anak cucu Nabi Adam1.
Para Ulama’ di dalam menafsiri ayat tersebut berbeda-beda pendapat, kemudian Imam Dhohhak menceritakan sebuah Hadist dari Ibnu Abbas, sesungguhnya yang dimaksud feman Allah tersebut adalah para Malaikat yang berperang bersama dengan Iblis (melawan para jin), karena sesungguhnya ketika Allah menempatkan para jin di bumi, dia membuat kerusakan di bumi dan sering meneteskan darah dan saling membunuh satu sama lain, maka dari itu Allah mengutus para Iblis sebagi andil tentara Para Malaikat, kemudian Para Malaikat membunuh para Jin dengan tentara-Nya sampai Para Malaikat berhasil mengeluarkan Jin dari bumi dan Para Malaikat membuang jin tersebut ke pinggiran laut2.
Kemudian siapakah yang dimaksud Khalifah di dalam firman Allah tersebut? Didalam masalah ini ada Qoul (pendapat):
1. Nabi Adam
2. Anak dari Nabi Adam sendiri,
Adapun yang dimaksud dengan lafadz أتجعل فبها من يفسد فيها di sebutkan dalam kitab Tafsir Fakhrurroziy, ialah anak cucu Nabi Adam (seperti kita ini)3.
Adapun makhluk pertama yang singgah dibumi ialah Banull-Jaan ialah bapaknya Para Jin seperti halnya Nabi Adam sebagai bapaknya sekalian manusia. Ada yang mengatakan bahwa yang dimaksud dengan kata Abun (bapak) ialah para Iblis, dan ada yang mengatakan makhluk lain (Banull-Jaan). Adapun Iblis adalah bapaknya para Syetan4.
Mengambil pemahaman dari semua keterangan dari beberapa kitab yang telah saya terjemah di atas, bahwa firman Allah tersebut khitob ( tertuju) kepada semua Para Malaikat tanpa terkecuali, karena kalau kita analisa lebih dalam kata Al malaikah adalah memberi faidah umum bukan memberi faidah takhsis, meskipun kalau kita lihat dari segi lafadz, lafadz Al malaikah adalah berbentuk mufrad bukan jama’,
Mengenai makhluk pertama yang bertempat tinggal di bumi ialah para Jin yang kemudia dibunuh oleh Para Malaikat karena para Jin berbuat kerusakan di bumi dan saling bunuh-membunuh satu dengan yang lain. Dan adapun Iblis ikut berperang melawan Jin sebagi tentara dari Para Malaikat yang kemudian berhasil menyingkirkan Jin dari muka bumi.

Referensi

1. Fakhrurrozi. Tafsir Fahkrurrozi. Hal 383/2. Perc: Daruihyaitturust Al Arabiy (Bairut Libanon) th 2001.
2. Fakhrurrozi. Tafsir Fahkrurrozi. Hal 388/2. Perc: Daruihyaitturust Al Arabiy (Bairut Libanon) th 2001.
3. Fakhrurrozi. Tafsir Fahkrurrozi. Hal 388-389/2. Perc: Daruihyaitturust Al Arabiy (Bairut Libanon) th 2001.
4. Sulaiman bin umar al-ujaily as-syafi’I as-shyahir biljamal. Futuhatul ilahiyah. Hal 39/01. Perc: Daruihyaitturast Al Arabiy (Bairut Libanon).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: