Mchsholehuddin Blog

April 5, 2009

Kepribadian yang Optimisme

Filed under: Uncategorized — mchsholehuddin @ 7:08 am

Kepribadian yang optimisme ialah sifat standart yang sangat penting dan harus dimiliki oleh setiap orang khususnya bagi para pelejar, baik itu santri maupun non santri, karena sifat tersebut akan membawa kepada kesuksesan yang alami.

Namun, terlebih dahulu mari kita membahas apa yang dimaksud optimisme tersebut. Perlu kita pertanyakan, apakah yang dimaksud dengan kata optimisme tersebut..? kalau menurut saya optimisme ialah yakin akan keberhasilan, semua orang yang memiliki kepribadian yang optimisme maka ia akan memperoleh apa yang ia cita-citakan dengan baik dan gampang, Karena dihatinya selalu terucap kata-kata keberhasilan, kalau dihatinya selalu ada kata-kata keberhasilan maka dia tidak akan takut melakukan segala hal yang ia kehendaki dan otomatis ia akan menemukan sebuah kesuksesan yang memuaskan, hanya dengan berbekal kepribadian yang optimisme.

Pernah kita mendengar dan juga kita pelajari sebuah Hadist Nabi yang menerangkan perlunya keoptimisan dalam berdo,a kepada Allah, yang artinya ialah:

Berdoalah kamu semua kepada Allah, dan yakinlah bahwa Allah akan mengabulkannya, dan ketahuilah sesungguhnya Allah tidak akan mengabulkan do’a yang keluar dari hati yang yang lupa dan lalai.

Maksud dari hadist di atas ialah didalam memanjatkan do’a kepada Allah swt kita diharuskan mempunyai keyakinan, harus ada keoptimisan dalam diri kita, agar do’a yang kita panjatkan dapat dikabulkan oleh Allah, Karena seperti pada Hadist tadi bahwa Allah tidak akan mengabulkan do’a yang keluar dari hati yang lalai. Jadi dari sini dapat kita ambil pemahaman bahwasannya keoptimisan sangat diperlukan.

Adapun lawan kata dari optimis ialah pesimis yang artinya adalah kurang yakin atau bisa di artikan dengan pendek harapan, maksudnya ialah didalam melakukan sesuatu yang selalu mempunyai keyakinan bahwa yang dilakukan tidak akan berhasil mulus, nah hal ini sangat sulit dihilangkan dalam benak kita, dan setiap orang pasti akan mempunyai sifat ini termasuk juga penulis, namun dengan sekuat tenaga saya akan coba menghilangkan sifat ini karena sifat seperti sangat tidak baik apabila dimiliki oleh setiap manusia apalagi seorang santri,

Contoh yang sangat nampak ialah apabila kita sedang mengikuti sebuah kompetisi yang mana lawan yang akan kita hadapi mempunyai kapasitas yang mendukung dan mempunyai potensi yang sangat menonjol dibandingkan kita. Disini akan nampak sebuah perasaan tidak mampu melawan atau mengalahkan lawan kita tersebut, dan otomatis dalam kompetisi tersebut kita akan mengalami kekalahan. itulah yang dimaksud dengan sifat pesimis selalu merasa kurang mampu di dalam melakukan segala hal dan sifat ini harus kita buang jauh-jauh dari diri kita.

Penutup

Setiap orang pasti mendambakan keberhasilan, namun kadang-kadang setelah melakukan segala hal dengan penuh harapan ternyata kenyataannya nihil keberhasilan tersebut tidak bisa didapatkan, hal seperti memang sangat biasa dan selalu datang menghantui seseorang. Tapi meskipun begitu kita harus mempunyai fikiran positif dan selalu sadar coba kita introspeksi diri kita mungkin kita belum menanamkan sifat optimis pada diri kita. Jangan mempunyai fikiran nagatif kepada siapapun apa lagi kepada Allah, selalu berdo’alah kepada-Nya dengan penuh keyakinan dan hati yang bersih pasti suatu saat nanti keberhasilan dapat kita peroleh dengan baik.

Tiada yang lebih dari pada mengenal arti kehidupan yang sesungguhnya jadikanlah kegagalan hari ini sebagai pintu kebersilan pada hari esok, karena kegagalan bukanlah suatu kekalahan, tapi ia adalah kemenangan yang tertunda.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: