Mchsholehuddin Blog

Februari 21, 2009

Tantangan Allah Dalam Al Qur’an

Filed under: Uncategorized — mchsholehuddin @ 6:39 am

وَإِنْ كُنْتُمْ فِي رَيْبٍ مِمَّا نَزَّلْنَا عَلَى عَبْدِنَا فَأْتُوْا بِسُوْرَةٍ مِنْ مِثْلِهِ وَادْعُوْا شُهَدَاءَكُمْ مِنْ دُوْنِ اللهِ إِ نْ كُنْتُمْ صاَدِقِيْنَ: (البقرة 23 )
…Dan jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang Al Quran yang kami wahyukan kepada hamba kami (Muhammad), buatlah satu surat (saja) yang semisal Al Quran itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar.QS Al Baqarah 23.

Ayat ini merupakan tantangan bagi mereka yang meragukan tentang kebenaran Al Quran, itu tidak dapat ditiru walaupun dengan mengerahkan semua ahli sastera dan bahasa Karena ia merupakan mukjizat nabi Muhammad s.a.w.

Dalam kitab tafsir At Thobhariy( 1) disitu dijelaskan bahwa Allah berfirman. “Hai orang musyrik dari orang arab dan orang kafir dari ahli kitab apabila kamu masih ragu tentang Al Qur’an yang telah Aku turunkan kepada hambaku yakni Muhammad saw dari nur hujjah dan beberapa ayat Al qur’an sesungguhnya ia (Al Qur’an) dari sisiku, dan sesungguhnya aku adalah dzat yang menurunkanNya kepadaNya (Muhammad) dan kamu tidak iman dan tidak membenarkanNya terhadap apa yang ia katakan. Maka datangkanlah sebuah hujjah untuk menolak hujjahnya karena sesungguhnya kamu mengetahui bahwa hujjahnya seorang Nabi adalah untuk membenarkan dakwah kenabian, untuk mendatangkan subuah burhan (hujjah) yang melemahkan semua makhluk untuk mendatangkan hujjah yang semisal hujjahnya”.
Mengambil kesimpulan dari firman Allah diatas bahwa dengan tegas Allah menantang setiap orang yang tidak membenarkan bahwa Al Qur’an adalah kitab suci yang diturunkan oleh Allah kepda hambaNya yaitu Nabi Muhammad saw, untuk membuat satu ayat yang semisal Al Qur’an.
Adapun yang dinamakan surat, disebutkan dalam kitab tafsir Al Baghowiy( 2), ialah sepenggal dari Al Qur’an yang mempunyai awalan dan akhiran dan paling sedikitnya ialah tiga ayat.
Disebutkan dalam Tafsir Fakhrurroziy(3 ) Ketika kenabian Nabi Muhammad telah nampak maka banyaklah dalil-dalil yang menunjukkan bahwa Al Qur’an adalah mukjizat bagi Nabi Muhammad. Dan perlu diketahui bahwasannya bahasa Al qur’an terdiri dari tiga bagian:
1. Bahasa Al Qur’an sama denagn bahasa-bahasa orang yang fasih(mahir) dalam berbahasa arab.
2. Bahasa Al Qur’an melebihi bahasa-bahasa orang yang fasih namun, tidak sampai keluar dari kebiasaan(dianggap biasa-biasa saja).
3. Bahasa Al Qur’an melebihi bahasa-bahasa orang yang fasih dalam berbahasa, hingga bahasa Al Qur’an bisa sampai keluar dari kebiasaan(luar biasa).
Tetapi bagian yang pertama dan kedua tidak berlaku, adapun bagian yang ketiga masih tetap berlaku karena memang bahasa Al qur’an adalah bahasa yang tinggi, tak satu pun dari manusia yang sanggup membuat satu surat pun yang sama dengan Al Qur’an. Jangankan manusia, jin pun tidak bisa membuat sebuah kata yang sama dengan Al Qur’an.
Allah berfirman dalam surat Al Israa’ yang artinya :

Katakanlah: “Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa Al Quran ini, niscaya mereka tidak akan dapat membuat yang serupa dengan Dia, sekalipun sebagian mereka menjadi pembantu bagi sebagian yang lain”.
Kesimpulan dari ayat diatas ialah, semua makhluk yang ada dibumi ini tidak akan mampu membuat satu surat yang serupa dengan Al Qur’an, baik itu jin apalagi manusia.

REFERENSI

(1 ) Abi Ja’far Bin Muhammad Bin Jarir At Thobhariy,Tafsir At Thobhariy. Juz 1/189. Daruihyaitturots Al Arobiy. (Bairut Libanon:Th 2002).
( 2) Abi Muhammad Al Husain Bin Mas’ud Al Baghowiy. Tafsir Atthobariy Hal 21. Darubni Hazm.( Bairut Libanon: Th 2001)
(3 ) Imam Fakhrurroziy. Tafsir Fakhrurrziy. Juz 2/347. Daruihyaitturots Al Arobhiy. (Bairut Libanon: Th.2001).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: