Mchsholehuddin Blog

Januari 25, 2009

Tujuan Mencari Ilmu

Filed under: Uncategorized — mchsholehuddin @ 6:34 am

Didalam upaya mencari ilmu yang sangat diperlukan adalah niat atau tujuan yang spesifik, agar lebih matang dan lebih mendukung, karena tanpa niat, sesuatu tidak akan mudah tercapai. Lebih dari itu niat merupakan sesuatu yang fundamental dalam segala hal. Sabda Nabi saw :

إنما الأعمال بالنيات

Artinya: sesungguhnya sahnya segala amal itu tergantung pada niat

Berdasarkan Hadist diatas bahwasannya niat adalah komitmen utama bagi setiap orang, maka dari itu niat dalah sesuatu yang harus dikedepankan.

Didalam upaya menimba ilmu, bagi setiap santri atau pelajar diharuskan berniat, pertama, untuk “mencari ridha Allah”. Karena kita hidup didunia ini hanyalah sebagai hamba yang selalu ingin mendapatkan ridhanya. Dan juga nabi bersabda Yang artinya : orang yang menimba ilmu tidak karena Allah, maka, ia keluar dari dunia (meninggal) di paksa oleh ilmunya agar mengikhlaskannya karena Allah. Sedangkan orang yang mencari ilmu karena Allah, maka ia seperti orang yang puasa disiang hari dan bangun dimalam hari untuk shalat malam (tahajjud).

Berdasarkan keterangan dari Hadist diatas, bahwa, niat mencari ilmu karena Allah, itu merupakan suatu kewajiban bagi setiap orang khususnya bagi seorang santri.

Niat yang kedua adalah “menhilangkan kebodohan dari diri sendiri dan segenap orang-orang yang bodoh”, karena orang yang bodoh sangats gampang menerima apasaja meskipun itu dilarang oleh syariat, banyak orang bodoh yang terpedaya oleh kebusukan syetan, seperti halnya orang bodoh ketika shalat, kadang syetan menggodanya dengan penampakan, misalnya dengan berupa cahaya, kemudian berkata “saya tuhanmu” nah disini syetan akan berhasil menggodanya, dikarnakan yang digodanya adalah orang bodoh tidak mengetahui sifat-sifat tuhan, dikarnakan sudah tergoda maka menyebabkan kemurtadan bagi orang yang bodoh tersebut. Maka dari itu sebagai manusia yang berakal, kita jangan kehabisan akal, untuk belajar ilmu agama, dan berusaha menghilangkan kebodohan pada diri kita, dan orang lain.

Banyak dari kalangan masyarakat, biasanya bertanya “sampai dimanakah orang wajib belajar”? maka kalau ada pertanyaan seperti itu, kita menjawab sampai kobodohan itu buruk bagi seseorang. Maka disitulah baik baginya belajar (berarti tidak ada batasnya).

Niat yang ketiga adalah menghidupkan agama dan melestarikan islam, karena sesungguhnya kelestarian islam hanya dapat dipertahankan dengan ilmu dan perilaku zuhud serta takwa.

Yang keempat adalah memenuhi kewajiban. Sebagai mana sabda Rasul : “menuntut ilmu adalah fardhu ‘ain (kewajiban individu) bagi setiap muslim dan muslimat” jadi, berdasarkan hadist di atas bahwasannya, mencari ilmu adalah suatu kewajiban bagi setiap ummat, baik laki-laki maupun perempuan yang mukallaf.

Masih banyak niat-niat balajar yang tidak saya sebut. Tapi niat-niat belajar yang saya sebut diatas adalah niat yang paling penting yang harus dikuasai oleh setiap pelajar. Adapun niat-niat atau tujuan belajar yang lain bisa dilihat di kitab-kitab yang menerang masalah ilmu.

tambahan

banyak santri atau pelajar, ketika pulang kerumah tidak membuahkan hasil yang efektif untuk mengubah kebiasaan negative yang sudah kebiasaan ditempatnya, bahkan yang lebih sadis lagi dia ikut melakukan kebiasaan negative tersebut. Hal seperti ini bukanlah ustadz atau guru yang mengajarnya semasa dia dipesantren, melainkan kurangnya niat dan kurangnya giat didalam belajar. Maka dari itulah janganlah kita menyianyiakan niat, dikarnakan seperti yang dikatakan didepan, niat adalah komitmen utama yang harus dimiliki oleh setiap pelajar, jadi bagi kita yang ingin melangkah kejenjang belajar usahakan berniat yang baik.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: